Hadir di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Wamen Ketenagakerjaan memberikan Kuliah umum

Banda Aceh 11 Desember 2023, Hadiri kegiatanCareer ExpoΒ Universitas Syiah Kuala Bapak 𝐈𝐫. π€πŸπ«π’πšπ§π¬π²πšπ‘ 𝐍𝐨𝐨𝐫, 𝐒.𝐓., 𝐌.𝐒𝐒,. πˆππ” – Wakil Menteri Ketenagakerjaan. memberikan kuliah umum dengan tema tantangan dan peluang dunia kerja dalam menyongsong masa depan di Gedung AAC Universitas Syiah Kuala Banda Aceh,Β 

Turut hadir pada kegiatan tersebut Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si, serta tamu undangan, dan para mahasiswa/i berbagai fakultas di USK.

Dalam kuliah umum Bapak  𝐈𝐫. π€πŸπ«π’πšπ§π¬π²πšπ‘ 𝐍𝐨𝐨𝐫, 𝐒.𝐓., 𝐌.𝐒𝐒,. πˆππ” – Wakil Menteri Ketenagakerjaan. memberikan pointer tentangΒ Β SDM unggul, Kemnaker melakukan Pelatihan Vokasi untuk memenuhi kebutuhan akan ketersediaan tenaga kerja yang kompeten di berbagai kelompok sasaran melalui kebijakan triple skilling pelatihan vokasi yaitu: skilling, up-skilling dan re-skilling. Masing-masing memiliki sasaran, tujuan, serta outcome berbeda dari setiap kegiatannya. Misalnya: skilling menyasar kepada fresh graduate, reskilling menyasar kepada pekerja ter-PHK, dan up-skilling menyasar kepada pekerja.

Hal ini juga secara konkrit di dukung data bahwasanya sebanyak 80,83 % peserta pelatihan vokasi berasal dari Angkatan Kerja Muda (15-30 tahun). Ada berbagai skema layanan pelatihan dan sertifikasi yang disediakan oleh Kemnaker, mulai dari Program JKP, Kartu Prakerja di platform digital SIAPkerja, e-training Kemnaker, Pelatihan Berbasis Kompetensi & Sertifikasi, Pelatihan di BLK Komunitas, Pemagangan. Dalam dan Luar Negeri, Sertifikasi Kompetensi, hingga Tailor Made Training. Semua layanan ini bisa diakses oleh semua pencaker maupun pekerja yang memenuhi persyaratan baik secara gratis maupun berbayar.Β 

Terakhir, dalam penyiapan human capital khususnya anak muda kita, pentingnya penguasaan teknologi digital, yang akan
meningkatkan produktivitas dan efektivitas sumber daya. Berkat kemajuan teknologi, sebuah negara dapat meningkatkan output dari sebuah sumber daya, mengurangi efek samping dari pemanfaatan sebuah komoditas, serta menyediakan infrastruktur untuk mengumpulkan dan menganalisa data dalam jumlah yang besar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *