Fashion Show dan Talkshow Garmen di acara BLK Banda Aceh Exhibition 2021

Fashion Show dan Talkshow Garmen di acara BLK Banda Aceh Exhibition 2021

Banda Aceh – Fashion show di acara BLK Banda Aceh Exhibition 2021 menampilkan hasil karya dari peserta program Pelatihan Busana Kreasi yang merupakan salah satu program baru yang ada di BLK Banda Aceh. Program ini merupakan program yang membuat peserta yang sudah memiliki kemampuan menjahit menjadi naik kelas, mereka diajarakan cara membuat busana kreasi hasil rancangan mereka sendiri atau permintaan konsumen. Busana yang ditampilkan merupakan busana muslim yang sesuai dengan kebutuhan pasar di Aceh yang cukup ramai peminatnya. Karena peminat yang ramai maka desain dari busana muslim di Aceh juga beragam dan dapat menjadi kiblat busana muslim di Indonesia.

Talkshow fashion show yang dikemas dalam tema  “Peluang Usaha Fashion Designer Aceh” turut hadir sebagai narasumber Direktur Bina Peningkatan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan RI Ghazmahadi, S.T, MM, Kepala BLK Banda Aceh Rahmad Faisal, Dra. Aya Sofia dari Dekranasda Aceh dan Ketua Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dan Industri Daerah (FKLPID) Aceh  Muhammad Ikhsan dipandu oleh 2 orang Pembawa Acara membahas tentang pelatihan yang ada di BLK Banda Aceh seperti program-program dan kegiatan yang dapat dilakukan di BLK Banda Aceh.

Dra. Aya Sofia dari Dekranasda Aceh megatakan bahwa dengan motif Aceh busana muslim dari aceh dapat bersaing di nasional bahkan dapat mengalahkan Bandung yang saat ini menjadi kiblat fashion nasional sehingga dapat menguasai pasar nasional. Saat ini peminat dari batik Aceh tinggi, namun pekerja di bidang batik sangat terbatas maka diharapkan kedepannya BLK Banda Aceh dapat memfasillitasi pelatihan membatik, karena batik sangat banyak digunakan oleh masyarakat karena pemakaiannya yang gampang dan bahannya yang mudah dikreasikan baik untuk digunakan pada acara formal maupun nonformal.

Muhammad Ikhsan selaku Ketua FKLPID Aceh sebagai mitra BLK Banda Aceh akan ikut membantu kegiatan dan mensosialisasikan program-program pelatihan yang ada kepada masyarakat dan Industri sehingga dapat terjalin kerjasama dengan industri. Pendataan industri dan kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan industri saat ini terus dilakukan guna mendapatkan informasi yang akurat tentang kebutuhan pasar kerja saat ini juga, sehingga penyerapan tenaga kerja dapat maksimal. Industri sangat diuntungkan akan hal ini mengingat industri tidak memerlukan pengeluaran biaya untuk melatih, industri tinggal mengambil SDM dari peserta pelatihan yang sudah kompeten dalam bidang yang dibutuhkan.

Fashion show dilakukan 2 sesi dengan 32 busana hasil kreasi dari program pelatihan Desain Busana Kreasi, peserta yang terdiri dari 16 orang masing-masing peserta menampilkan 2 desain. Desain tersebut kenalan dan ditampilakn oleh 16 orang model. Selain desain dari peserta terdapat juga 5 Busana hasil desain dari Anira Designer selaku salah satu pelaku industri dibidang fashion yang ada di Banda Aceh. Program pelatihan Desain Busana Kreasi yang ada di BLK Banda Aceh dilaksanakan selama 460 JP atau sekita 58 hari kerja, setelah pelatihan selesai diharapakan peserta dapat berkerasi dalam industri fashion dan terus mengembangkan bakat yang ada.  Pelatihan dapat diikuti oleh masyarakat mulai dari usia 17 tahun dengan latar belakang pendidikan yang beragam dengan mengikuti pendaftaran dan seleksi secara online melalui  WEB Kemnaker atau dapat dipandu oleh Tim Media Sosial BLK Banda Aceh dengan chat melalui instagram BLK Banda Aceh atau facebook  BLK Banda Aceh.  Acara fashion show ini dapat disaksikan di Youtube BLK Banda Aceh.

 

Tim Media Sosial

 

 

 

 

Previous Juara Barista Challenge 2021 di acara BLK Banda Aceh Exhibition 2021
Next Penilaian Zona Integritas (ZI) di BLK Banda Aceh

About author

You might also like

Berita BLK 0 Comments

Pelatihan Future JOB

Pelatihan Vokasi Future Job BPVP Banda Aceh | Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Banda Aceh membuka pelatihan future job atau Jenis-jenis Profesi Paling Dicari kedepannya. Pendaftaran dibuka Tanggal 21 –

Berita BLK 0 Comments

Kemenaker hadir membantu Program Pelaksanaan Rekomendasi Penyelesaian Non Yudisial pelanggaran HAM Berat di Aceh

Peluncuran Program Pelaksanaan Rekomendasi Penyelesaian Non Yudisial pelanggaran HAM Berat di Indonesia. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan program Pelaksanaan Rekomendasi Nonyudisial Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) Berat di Indonesia.

Berita BLK 1Comments

Pembukaan Pelatihan Kerja Sama DUDI, BLK Banda Aceh, FKLPID dan PT. Musta Jaya

Aceh Besar – Kepala Balai Latihan Kerja Banda Aceh, Rahmad Faisal, S.T., Ketua Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dan Industri Daerah, Muhammad Ikhsan, SE., M.Si., serta perwakilan dari PT. Musta Jaya,

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply