Generasi Muda Gampong Jaboi Sabang Dilatih Keterampilan Kerajinan

Generasi Muda Gampong Jaboi Sabang Dilatih Keterampilan Kerajinan

Sabang : Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Banda Aceh mengadakan program Millenial Bootcamp di beberapa tempat sebagai upaya memberdayakan generasi muda di Provinsi Aceh termasuk Pulau Paling ujung Barat Indonesia.

Gampong Jaboi kecamatan Sukamakmue Sabang yang telah ditetapkan sebagai Desa Wisata, menjadi salah satu lokasi pelaksanaan program ini. Sebelumnya BPVP telah melaksanakannya di Desa Lubok Sukon, Aceh Besar.

Trainer SA ACEH sekaligus Pemateri Sadar Bakat dan Sadar Potensi Wisata, Nora Aini Yunita menjelaskan, sejumlah milenial di Gampong ini mendapatkan pelatihan keterampilan selama 5 hari sejak senin 24-28 okt 2022, untuk mengasah kemampuan membuat peralatan dapur dari tempurung kelapa.

“Karena Desa Jaboi juga banyak pohon kelapa, maka diinisiasikan untuk membuat program dari tempurung kelapa. Pesertanya diminta dari para masyarakat dari Jaboi sendiri sebanyak 16 orang, fokusnya membuat kerajinan dari tempurung kelapa, ada tiga produk yang wajib dibuat yaitu centong nasi, sayur dan mangkuk sup,” jelas Nora, Kamis (27/10/2022).

Nora berharap, pelatihan kerajinan ini kedepannya dapat menciptakan produk kerajinan dari bahan batok kelapa, yang berkualitas dan berdaya saing. Juga untuk mendorong dan meningkatkan kinerja para pelaku usaha dan dapat terbentuknya home industri bagi pengrajin.

Sementara itu salah satu masyarakat Gampong Jaboi, Mahrizal mengatakan, sebagai Desa Wisata yang telah ditetapkan Pemerintah Daerah sejak tahun 2021 lalu, tentu harus terus berkembang, tidak hanya menawarkan wisata yang menarik tetapi juga harus memiliki produk unggulan yang dihasilkan oleh warga setempat.

“Kalau tanggapan dari masyarakat, sangat mendukung dengan kegiatan ini. Karena bisa membuka juga lapangan kerja baru, bisa meningkatkan kunjungan wisata ke Jaboi, dan kami juga bisa membuat produk dari dalam gampong sendiri,” kata Mahrizal.

Previous Open House Pelatihan Vokasi BPVP Banda Aceh 2022 Berakhir
Next BPVP Banda Aceh Gelar Gathering Industri 2022

About author

You might also like

Berita BLK 1Comments

Pembukaan Pelatihan Kerja Sama DUDI, BLK Banda Aceh, FKLPID dan PT. Musta Jaya

Aceh Besar – Kepala Balai Latihan Kerja Banda Aceh, Rahmad Faisal, S.T., Ketua Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dan Industri Daerah, Muhammad Ikhsan, SE., M.Si., serta perwakilan dari PT. Musta Jaya,

Berita BLK 1Comments

Penutupan Pelatihan Teknisi AC dan Pembukaan Pelatihan Barista di PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM)

Penutupan Pelatihan Teknisi AC dan Pembukaan Pelatihan Barista di PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM)  dihadiri oleh Kepala BLK Banda Aceh, Rahmad Faisal, Vice President PKBL dan Humas, Nasrun, S.H., Forum

Berita BLK 0 Comments

Rebranding BLK Banda Aceh Melalui Kegiatan “ BLK Banda Aceh Exhibition 2021” Fashion Show & Barista Challenge

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman dan Kepala Balai Latihan Kerja Banda Aceh, Rahmat Faisal membuka acara BLK Banda Aceh Exhibition 2021 dengan menampilkan Fashion Show dan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply