Kemnaker Resmikan BLK Mini di Abu Dhabi

Abu Dhabi–Pemerintah Indonesia meresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) Mini di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab. Peresmian dilakukan oleh Duta Besar RI di Abu Dhabi, Husin Bagis dan Direktur Pelatihan Vokasi dan Pemagangan, Kementerian Ketenagakerjaan, M. Ali Hapsah.
Ali Hapsah mengatakan, BLK yang diinisiasi Kedutaan Besar RI di Abu Dhabi ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebelum pulang kembali ke Tanah Air.
“Keberadaan BLK Mini ini sangat penting bagi teman-teman PMI sebelum pulang kembali ke rumah. Karena di tengah persaingan global saat ini, kata kuncinya adalah bagaimana kita membekali diri dengan kompetensi yang cukup agar kita tetap relevan dengan perkembangan zaman,” kata Ali Hapsah, di Abu Dhabi, Minggu (20/12/2021) waktu setempat.
Ali Hapsah menyatakan bahwa Kemnaker sangat mengapresiasi inisiasi Kedubes RI yang membangun BLK Mini di Abu Dhabi. Ia pun akan melaporkannya ke Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, untuk memberi dukungan bagi perkembangan BLK Mini tersebut.
“Kira-kira yang dibutuhkan di sini pelatihan apa saja? Misalkan nanti akan mengadakan peralatan-peralatan, maka peralatan-peralatan itu akan disesuaikan disesuaikan dengan kebutuhan pelatihan,” kata Ali Hapsah.
Kepada para PMI, Ali Hapsah berpesan 3 hal. Pertama, memperkuat hard skill seperti mengikuti pelatihan di BLK Mini. Kedua, memperkuat soft skill.
“Soft skill ini adalah kemampuan kita untuk berinteraksi dengan yang lain, berkomunikasi dengan yang lain, kedisiplinan, kejujuran, ini yang harus dipertahankan,” jelasnya.
Ketiga, memperkuat literasi digital dengan memanfaatkan akses internet. “Karena handphone itu kalau bisa kita gunakan dengan baik, maka kita akan bisa memiliki skill yang berikutnya yaitu skill kewirausahaan,” ujarnya.
BLK Mini yang terletak di kantor KBRI di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab, merupakan tempat pelatihan untuk para PMI sambil menunggu kepulangan ke Indonesia. Proses kepulangan ke Indonesia yang masih dalam proses diisi dengan pelatihan di BLK mini untuk bekal skill para PMI untuk membuka peluang usaha di Indonesia. Dalam pelaksanaannya, para peserta BLK Mini dilatih oleh persatuan Dharma Wanita Indonesia di Abu Dhabi.
Biro Humas Kemnaker
Previous Menaker Resmi Buka Rakernas II Forum Koordinasi BLK Komunitas 2021
Next Kemnaker Siap Kelola BLK Milik Pemda Lampung

About author

You might also like

Berita Kemnaker 0 Comments

ASN Kemnaker Harus Tingkatkan Orientasi Pelayanan Kepada Stakeholders

Jakarta—Salah satu aspek penilaian kinerja untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah perilaku kerja yang meliputi orientasi pelayanan, komitmen, inisiatif, kerja sama, dan kepemimpinan. Kelima hal tersebut harus dapat disinergikan

Berita Kemnaker 0 Comments

Wapres Ma’ruf Amin Resmikan 1.014 BLK Komunitas

Tasikmalaya–Penciptaan SDM kompeten menjadi program prioritas pemerintah di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo. Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan program prioritas tersebut, pemerintah terus memperkuat pelatihan vokasi melalui program BLK

Berita Kemnaker 0 Comments

Kemnaker Gandeng Stakeholder Wujudkan SDM Berdaya Saing Nasional dan Internasional

Jakarta-Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) senantiasa menggandeng para stakeholder, baik instansi pemerintah, industri, serikat pekerja, mitra pembangunan dalam dan luar negeri untuk mewujudkan kompetensi serta produktivitas SDM yang berdaya saing nasional maupun

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply