Kemnaker: TalentHub Hadir Jawab Tantangan Angkatan Kerja ke Depan

Kemnaker: TalentHub Hadir Jawab Tantangan Angkatan Kerja ke Depan

Jakarta–Indonesia akan memasuki puncak bonus demografi pada periode 2020-2030. Pada periode tersebut, struktur penduduk Indonesia sebagian besar akan diisi oleh penduduk usia muda.

“Angkatan kerja ke depan akan lebih banyak diisi oleh anak-anak muda. Kalau ini kita tidak kelola dengan baik, maka akan menjadi pembuangan energi yang cuma-cuma,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan,  Anwar Sanusi, saat menjadi narasumber pada Diskusi bertajuk Ekonomi dan Ketenagakerjaan di Era Kenirmalan Baru secara virtual, Senin (27/8/2021).

Sekjen Anwar mengatakan, dalam menyikapi tantangan ketenagakerjaan ke depan tersebut, Kemnaker menyiapkan sejumlah program, seperti program TalentHub.

“Kita ingin TalentHub, termasuk digital talent hub bekerja sama dengan negara-negara ASEAN untuk membuat tempat-tempat keunggulan bagi anak-anak talenta muda, misalnya terkait digital agar mereka bisa bekerja sama,” ucapnya.

Sekjen Anwar menyatakan, dalam program TalentHub ini, Kemnaker akan memberikan fasilitasi berupa pelatihan, mentoringcoaching, dan pengembangan kewirausahaan di bidang digital dan digital kreatif, termasuk memberikan pengetahuan baru terkait Future Job melalui podcast. Melalui fasilitas ini, Kemnaker memiliki target melahirkan wirausaha baru di bidang digital dan digita kreatif.

“Sebagaimana yang selalu disampaikan Bu Ida Fauziyah, harapannya TalentHub ini juga akan memberikan dampak bola salju berupa peningkatan lapangan kerja dan ekonomi masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut Ia menyatakan, TalentHub di Indonesia tengah dikembangkan di sejumlah kota, seperti di Bandung, Serpong, dan Batam. Kemnaker juga membuka Talent Corner yang berada di seluruh BLK-UPTP yang ada di beberapa kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

Talent corner itu sebuah pojok di mana anak muda ketika mengikuti pelatihan, mereka kita berikan ruang leluasa, dan kadang kala kita undang juga lembaga-lembaga keuangan untuk bisa membantu,” ucapnya.

 Biro Humas Kemnaker
Previous Pembukaan dan Penandatanganan MoU Pelatihan dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Aceh Tamiang dan Baitul Mal Aceh
Next Penjajakan dengan Kadisnaker Kota Banda Aceh dalam Rangka SDC (Skill Development Centre)

About author

You might also like

Berita Kemnaker 0 Comments

Menaker: BLK Belitung Jadi Unggulan Pengembangan Program Ketenagakerjaan

Belitung–Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah melakukan kunjungan kerja dengan mengunjungi Balai Latihan Kerja (BLK) Belitung di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Menaker Ida mengatakan, BLK Belitung yang diresmikan tanggal 13 September

Berita Kemnaker 0 Comments

DPR Apresiasi Tren Positif Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan

Jakarta–Kalangan Komisi IX DPR memberikan apresiasi atas keberhasilan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan yang mengalami tren pencapaian meningkat di tahun 2020 dibandingakan tahun 2019. Trend positif tersebut terlihat dari kondisi keberhasilan pembangunan

Berita Kemnaker 0 Comments

Hadapi Bonus Demografi dengan Pelatihan Vokasi di BLK Komunitas

Jakarta–Kementerian Ketenagakerjaan terus mengembangkan dan memperkuat BLK Komunitas sebagai salah satu jawaban tantangan ketenagakerjaan saat ini. Tantangan ketenagakerjaan dimaksud adalah bonus demografi; revolusi industri 4.0; dan dampak pandemi. BLK Komunitas

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply