Upacara Bendera Hari Kemerdekaan RI ke-74

Indonesia itu bukan hanya Jakarta, bukan hanya Pulau Jawa. Tetapi, Indonesia adalah seluruh pelosok tanah air, dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote. Karena itulah pembangunan yang kita lakukan harus terus Indonesia sentris yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat di seluruh pelosok nusantara.

Banda Aceh -“Tidak hanya fokus pada pendidikan tetapi juga meningkatkan keterampilan melalui pelatihan vokasional dan Kementerian Ketenagakerjaan merupakan salah satu kementerian yang memiliki peran penting dalam mempersiapkan “Sumber Daya Manusia Unggul, Indonesia Maju”, “ ujar Teguh Sulistiyono saat memberikan kata sambutan Meteri Ketenagakerjaan R.I dalam peringatan HUT Proklamasi ke-74 di kantor BLK Banda Aceh, Banda Aceh, Sabtu (17/8/2019).

Upacara Bendera 17 Agustus 2019 yang dilaksanakan oleh BLK Banda Aceh dihadiri seluruh Pegawai dan Peserta Pelatihan, berbeda dengan peringatan HUT RI sebelumnya, perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-74 ini terlihat menarik. Seluruh peserta upacara di halaman kantor BLK Banda Aceh mengenakan pakaian nasional (adat daerah) di Indonesia.

Kepala Balai  mengungkapkan pemerintah telah berhasil menciptakan 11.196.270 lapangan kerja baru dalam kurun waktu 4,5 tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Angka tersebut telah melebihi target yang telah ditetapkan yakni penciptaan 10 juta lapangan kerja selama 5 tahun.

“Tingkat pengangguran di Indonesia saat ini berada di angka 5,01 persen, atau merupakan angka pengangguran terendah dalam sejarah Indonesia, “ katanya.

Berdasarkan data BPS per-Febuari 2019, angkatan kerja Indonesia saat ini berjumlah 136 juta orang. Jumlah penduduk yang bekerja sebanyak 129 juta orang atau sekitar 94 persen, Jumlah penganggur sebanyak 6,82 juta orang (5,01 persen), komposisi tenaga kerja yang bekerja didominasi lulusan SD kebawah (42 persen) dan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) didominasi oleh lulusan SMK sebesar 8,63 persen.

“Dari data di atas, menjadi bahan renungan kita semua, terutama untuk kelompok masyarakat penganggur dan pekerja dengan latar belakang pendidikannya. Disamping itu juga perlu dipikirkan solusi bersama untuk kelompok pekerja yang kompetensinya disesuaikan dengan perkembangan teknologi sebagai dampak dari revolusi industri 4.0, “ ujarnya.

Dalam sambutan Menteri menegaskan, upaya penanggulangan masalah pengangguran dan peningkatan kualitas pekerja ini harus dilaksanakan secara nyata,agar dapat membawa manfaat bagi tenaga kerja yang pada akhirnya meningkatkan produktivitas perusahaan dan daya saing nasional.

Menaker mengatakan dalam menghadapi tantangan dunia ketenagakerjaan yang semakin kompleks dan berat, dibutuhkan kolaborasi satu sama lain, bersinergi, bekerja sama dan bekerja dengan berbagai terobosan.

“Dengan demikian tugas-tugas pelayanan dan perlindungan pemerintah, perlindungan negara kepada pekerja maupun stakeholder ketenagakerjaan dapat dilaksanakan, “ katanya.

 

 

Biro Humas Kemnaker

Previous Bakti Sosial HUT RI Ke-74
Next Nama-nama lulus seleksi tahap V

About author

You might also like

Berita BLK 0 Comments

Mengenal Program Kartu Prakerja

Apa sih Kartu Prakerja itu? Program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Syarat Penerimaan Warga Negara Indonesia Usia minimal 18 tahun Sedang

Berita BLK 0 Comments

Rebranding BLK Banda Aceh Melalui Kegiatan “ BLK Banda Aceh Exhibition 2021” Fashion Show & Barista Challenge

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman dan Kepala Balai Latihan Kerja Banda Aceh, Rahmat Faisal membuka acara BLK Banda Aceh Exhibition 2021 dengan menampilkan Fashion Show dan

Berita BLK 0 Comments

Penandatanganan MoU BLK Banda Aceh, FKLPID, dan PT. Musta Jaya

Banda Aceh – Kepala Balai Latihan Kerja Banda Aceh, Rahmad Faisal, S.T., Ketua Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dan Industri Daerah, Muhammad Ikhsan, SE., M.Si., serta perwakilan dari PT. Musta Jaya,

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply