96 Warga Aceh Singkil mengikuti Pelatihan Kerja denga BPVP Banda Aceh

Sinergi dalam pengembangan SDM dengan Prokopim Aceh Singkil-Pemkab Aceh Singkil bersama BPVP Banda Aceh

Pemkab Aceh Singkil laksanakan Training Tailor Made Training (TMT) berkolaborasi dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Banda Aceh dan  Dinas Tenaga Kerja dan Trnasmigrasi Kabupaten Aceh Singkil, (Senin 5 Mei 2023).

Plt. Kepala Disnaker dan Transmigrasi Kabupaten Aceh Singkil, Takhsyur Pahlevi, S.Hut., MM menyampaikan tujuan dan jenis pelatihan yang akan didapat oleh peserta.

“Tujuan dari Kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi kerja para peserta yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja sehingga nantinya akan dapat mandiri, meningkatkan daya saing dan kesempatan kerja,” jelas Pahlevi.

“Kemudian jenis pelatihan yang dilaksanakan ialah  Pelatihan Teknisi Telepon Seluler, Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan Sederhana; Teknisi Pemasangan Refrigerasi Dan Ac, Pertukangan Cabinet Making, Menjahit Pakaian Dengan Mesin;  dan Pelatihan Pembuatan Roti Dan Kue,” lanjutnya.

Pahlevi juga menjelaskan jadwal dan lamanya pelaksanaan kegiatan pelatihan.

“Pelatihan ini dilaksanakan selama 20 hari dan sudah dimulai pada Tanggal 29 Mei yang lalu,” ungkap Pahlevi

Sementara itu Kepala BPVP Banda Aceh, Rahmad Faisal, ST menyampaikan bahwa Program Tailor made Training (TMT) ini adalah program terbaru dari Kementerian Ketanagakerjaan RI

“Tailor Made Training merupakan program terbaru dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia di tahun 2023, dimana pelatihan dilaksanakan sesuai dengan permintaan atas dasar kebutuhan pemohon berdasarkan potensi daerah,” terang Rahmad.

Lebih lanjut Rahmad juga mengatakan bahwa seluruh peserta akan di uji kompetensi sesuai dengan keahlian yang didapat dalam pelatihan

“Seluruh peserta pelatihan  akan di lakukan uji kompetensi, dan nantinya peserta akan mendapatkan dua sertifikat yaitu, sertifikat pelatihan dr BPVP Banda Aceh dan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yg diakui di negara-negara ASEAN,” lanjut Rahmad.

PJ. Bupati Marthunis, ST., D.E.A menyampaikan ucapan terima kasih kepada Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) yang telah mempercayakan Aceh Singkil untuk menyelenggarakan kegiatan pelatihan ini.

“Kami berterima kasih kepada BVPV karena telah dapat mendedikasikan 6 dari 11 pelatihan dan ini menjadi dukungan yang luar biasa kepada Kabupaten Aceh Singkil,” kata Marthunis.

Pj. Bupati, Marthunis, ST., D.E.A berharap semua peserta pelatihan fokus dan serius mengikuti kegiatan yang cukup penting ini.

“Mudah-mudahan 96 orang peserta pelatihan ini menjadi penggerak ekonomi, karena setelah pelatihan ini akan dilakukan uji kompetensi, sehingga nantinya Aceh Singkil akan siap dari supplai tenaga kerja yang berkualitas,” harap Marthunis.

Pj. Bupati sangat berharap paska pelatihan ini seluruh peserta dapat lulus uji kompetensi dan dapat menciptakan lapangan kerja

“Saya ingin ada diantara peserta yang membuka lapangan kerja atau membuat perusahaan yang berbasis keahlian yang didapat,” tutup Marthuni.

Acara juga diisi dengan penandatangan MoU antara Pj. Bupati Aceh Singkil, Marthunis dengan Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Banda Aceh, Faisal.

Kegiatan ini turut dihadiri Sekda, Asisten 1, Kepala Bappeda, Kadis Pengelola Keuangan Kabupaten (DPKK), Kadis Disperindagkop dan UKM, dan perwakilan Dekranasda Aceh Singkil (Prokopim)

 

sumber https://setdakab.acehsingkilkab.go.id/

Previous BPVP Banda Aceh latih 352 peserta jadi wirausaha muda
Next Pembukaan pelatihan kerja sama dudi karya media program pelatihan social media specialist

About author

You might also like

Berita BLK 0 Comments

Sosialisasi ZI kepada Peserta PBK

Dalam rangka mewujudkan dan mendukung zona integritas di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Banda Aceh, Rahmad Faisal selaku Kepala Balai mensosialisasikan Zona Integritas pada lingkungan BPVP Banda Aceh dihadapan para

Berita BLK 0 Comments

BPVP Gelar Evaluasi Pelaksanaan SDC bersama Dunia Usaha dan Stake Holder

Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Banda Aceh menggelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan Skill Development Center (SDC) Kota Banda Aceh TA 2022 di Ayani Hotel, Banda Aceh, Rabu (21/12/2022). Skill Development Center (SDC) adalah sebuah program prioritas nasional dari pemerintah

Berita BLK 0 Comments

Juara Barista Challenge 2021 di acara BLK Banda Aceh Exhibition 2021

Banda Aceh – Kejuaraan Barista Challenge 2021 dalam acara BLK Banda Aceh Exhibition 2021 yang diselenggarakan di Workshop Barista BLK Banda Aceh pada Rabu, (27/10/2021). Adapun tema yang pada  Barista

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply