Kemnaker Dukung Pembangunan BLK di Sulawesi Tengah

Jakarta–Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, mendukung usulan alih aset dan fungsi Loka Latihan Kerja/Balai Latihan Kerja-Unit Pelaksana Teknis Daerah (LLK/BLK UPTD) kabupaten Tojo Una-Una menjadi BLK Unit Pelayanan Teknis Pusat (UPTP).   Menurutnya, pendirian BLK UPTP Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah diyakini akan mempercepat penyiapan tenaga kerja lokal yang memiliki kompetensi dan daya saing tinggi di daerah.

“Kita akan pelajari terlebih dahulu usulan pengalihan BLK UPTD di Tojo Una-Una menjadi BLK-UPTP. Selanjutnya akan dilakukan perencanaan dan pengkajian oleh Ditjen Binalavotas, termasuk skema kerja sama untuk mempercepat pembangunan BLK UPTP Sulawesi Tengah,” kata Menaker Ida Fauziyah saat menerima audiensi Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, di kantor Kemnaker, Jakarta, Rabu (26/1/2022).

Dalam kesempatan ini, Menaker meminta Gubernur Sulawesi Tengah agar menyiapkan terlebih dahulu secara detail berbagai hal yang dibutuhkan untuk kelancaran pengajuan BLK UPTP. Misalnya kelengkapan perizinan dan dokumen, ketersediaan lahan yang cukup, skema kerja sama pembangunan, serta sarana dan prasarana pendukung.

“Dalam mendirikan BLK UPTP di daerah, program-program pelatihan hendaknya menyesuaikan dengan potensi yang ada di daerah Tojo Una-Una, seperti perikanan, pertanian, dan peternakan,” ujar Menaker Ida Fauziyah.

Sementara Rusdy Mastura berharap Menaker Ida Fauziyah menyetujui usulan pengalihan aset dan fungsi LLK/BLK-UPTD kabupaten Tojo Una-Una menjadi BLK-UPTP. Sehingga diharapkan akan menjawab beberapa tantangan ketenagakerjaan di Kabupaten Banggai Laut, Kabupaten Banggai Kepulauan, dan Kabupaten Banggai.  “Anak-anak muda di Banggai bersaudara, nantinya dapat menikmati kesempatan pelatihan sekaligus mengembangkan SDM,” katanya.

Rusdy menambahkan, apabila usulan ini dapat disetujui Kemnaker, maka secara strategis wilayah lingkup Sulawesi Tengah akan berfungsi menjadi pembina untuk 7 LLK/BLK UPTD kabupaten Poso, Morowali Utara, Morowali, Banggai Laut, Banggai Kepulauan, dan Kabupaten Banggai. Sedangkan BLK UPTP lainnya dapat diusulkan di Kota Palu yang akan berfungsi sebagai pembina LLK/BLK UPTD Kabupaten Sigi, Donggala, Parigi Moutong, Toli-Toli, dan Buol.

Biro Humas Kemnaker
Previous BLK Banda Aceh Siap Menjadi Garda Terdepan Pencetak SDM Unggul
Next Serah Terima Barang Hasil PBK Germen Apparel BLK Banda Aceh

About author

You might also like

Berita Kemnaker 0 Comments

Sekjen Kemnaker: PNS Kemnaker Siap Jadi PNS Tangguh dan Profesional

Jakarta–Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Anwar Sanusi, melakukan pengambilan sumpah dan janji Pegawai Negeri Sipil (PNS) kepada 167 orang PNS di lingkungan Kementerian Ketenagakerjaan, di Ruang Serbaguna Kemnaker, Selasa (1/3/2022).

Berita Kemnaker 0 Comments

Wapres Ma’ruf Amin Sambut Baik Inisiatif Menaker Gelar Pelatihan Vokasi Award 2021

Tangerang–Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin, menyambut baik inisiatif Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) untuk mendorong peningkatan kualitas SDM dan produktivitas tenaga kerja melalui penganugerahan Pelatihan Vokasi Award (PVA) 2021. “Saya ingin

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply