BLK Banda Aceh Siap Menjadi Garda Terdepan Pencetak SDM Unggul

Banda Aceh – Kementerian Ketenagakerjaan terus mengembangkan dan memperkuat Balai Latihan Kerja sebagai salah satu jawaban tantangan ketenagakerjaan saat ini. Tantangan ketenagakerjaan dimaksud adalah bonus demografi; revolusi industri 4.0; dan dampak pandemi Covid 19. Kondisi tersebut harus menyadarkan semua pihak betapa penting SDM Terampil, yakni mampu bergerak dengan cara-cara luar biasa dan beradaptasi menghadapi kesulitan, sehingga unggul dalam persaingan.

BLK Banda Aceh berkomitmen akan menjadi garda terdepan dalam menciptakan SDM unggul dan kompetitif saat ini dan di masa yang akan datang dengan membangun kolaborasi dan memperluas jejaring, baik dengan pemerintah daerah, institusi, maupun industri yang ada.

Kepala BLK Banda Aceh Rahmad Faisal dalam laporannya pada acara Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi di BLK Banda Aceh menyampaikan “Masyarakat peminat pelatihan Berbasis Kompetensi di BLK Banda Aceh sangat tinggi, untuk Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Tahap 1 tahun 2022 ini mencapai 1,791 orang yang mendaftarkan diri di Balai Latihan Kerja Banda Aceh, akan tetapi karena ketentuan jumlah kuota paket pelatihan yang terbatas, maka setelah dilakukan seleksi calon peserta, hanya 320 orang peserta yang diterima untuk tahap 1 ini”.

Dengan melihat tingginya angka kepeminatan masyarakat untuk mendapatkan pelatihan, hal itu jelas menunjukan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya sebuah pelatihan keterampilan berbasis kompetensi dan Sertifikasi sebagai bekal menghadapi tantangan masa depan.

Sementara itu Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakermobduk Aceh Azwar, S.Hut, MAP dalam sambutannya mengatakan “Pengembangan Balai Latihan Kerja membutuhkan kolaborasi dan sinergi dari berbagai pihak, sehingga tidak ada lagi Ego Sektoral, tidak ada lagi kerja dan tanggungjawab masing-masing. Tetapi masalah ketenagakerjaan adalah urusan kita bersama sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat untuk Indonesia Maju”.

“Oleh karena itu, kepada para peserta Pelatihan yang hadir saat ini, tadi sudah disampaikan oleh Kepala BLK Banda Aceh, bahwa kalian adalah 320 orang yang beruntung dari 1.791 orang pendaftar, kalian beruntung mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan di BLK Banda Aceh secara gratis, oleh karena itu maka, Jangan sia-siakan kesempatan ini, dengan durasi waktu pelatihan yang sangat singkat ini, manfaatkan betul-betul dengan sebaik-baiknya”. Kata Azwar menambahkan.

Sebagaimana yang sudah biasa dilakukan oleh BLK Banda Aceh sejak dulu dan diawal tahun 2022 ini, Senin 24 Januari telah dilaksanakan Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap I Tahun Anggaran 2022  bertempat di Aula BLK Banda Aceh jl, Kesatria Geuce Komplek Banda Raya- Banda Aceh. Untuk tahun 2022 ini BLK Banda Aceh membuka 20 Paket Pelatihan Berbasis Kompetensi yaitu:

1. Administrasi Perkantoran

2.Customer Service

3.Teknisi Telepon Seluler

4.Pemeliharaan Kendaraan Ringan Sistem Injeksi

5.Service Sepeda Motor Injeksi

6.Desainer Grafis Muda

7.Pemrograman Berbasis Data

8.Pemasangan Jaringan Komputer

9.Content Creator

10.Operator Kelistrikan dan Peumatik PLC

11.Pemasangan Instalasi Listrik Bangunan Sederhana

12.Penggambaran Model 3D dengan CAD

13.Penggambaran Bangunan dengan Perangkat Lunak

14.Juru Ukur (Surveyor)

15.Cabinet Making

16.Menjahit Pakaian dengan Mesin 1

17.Menjahit Pakaian dengan Mesin 2

18.Pipe Welder SMAW 6G-Up Hill/HLO-45

19.Barista

20.Pembuatan Roti dan Kue

Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi BLK Banda Aceh Tahap 1, Senin 24 Januari Tahun 2022 secara resmi dibuka oleh Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakermobduk Aceh Azwar, S.Hut, MAP, turut hadir pada acara tersebut, Muklis (Komisioner Baitul mal Aceh), Syuhada (Kanit Binmas Polsek Banda Raya), Edi Winarno (Babinsa), Muklis (Keuchik Geuce Komplek).

Dalam rangka membantu program kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI, BLK Banda Aceh akan terus bertransformasi melakukan berbagai terobosan dan inovasi-inovasi baru sebagai wadah pengembangan talenta muda Aceh, selaras dengan upaya peningkatan sumber daya manusia yang saat ini terus dilakukan. Dalam upaya tersebut, BLK Banda Aceh juga terus gencar mengupayakan perluasan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai stakeholder dan perusahaan. Tujuannya, selain untuk meningkatkan kualitas pelatihan yang sesuai dengan pasar kerja dan dunia industri serta menempatkan alumni pelatihannya sebagai pekerja terampil, maupun sebagai wirausahawan yang mampu bersaing secara sehat menciptakan lapangan kerja baru.

 

Tim Media Sosial

Previous Menaker: BLK Belitung Jadi Unggulan Pengembangan Program Ketenagakerjaan
Next Kemnaker Dukung Pembangunan BLK di Sulawesi Tengah

About author

You might also like

Berita BLK 0 Comments

Apresiasi Walikota Banda Aceh kepada BLK Banda Aceh dengan Baitul Mal Kota Banda Aceh

Banda Aceh – Kepala BLK Banda Aceh mengikuti acara pemberian bantuan bagi peserta pelatihan Baitul Mal Kota Banda Aceh di Kantor Walikota Banda Aceh pada Kamis (10/02/2022). Wali Kota Banda

Berita BLK 0 Comments

Open House Pelatihan Vokasi BPVP Banda Aceh 2022 Berakhir

alam rangka menyemarakan Festival Pelatihan Vokasi Nasional 2022, Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Banda Aceh melaksanakan Open House Pelatihan Vokasi selama 5 hari sejak tanggal 17 – 21 Oktober 2022. Beragam kegiatan

Berita Kemnaker 0 Comments

Mengenal Program Kartu Prakerja

Apa sih Kartu Prakerja itu? Program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Syarat Penerimaan Warga Negara Indonesia Usia minimal 18 tahun Sedang

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply