Para Juara KKIN VIII Regional Wilayah Barat Siap Berkompetisi Pada KKIN VIII Tingkat Nasional

Ajang Kompetisi Keterampilan Instruktur Nasional (KKIN) VIII Tahun 2022 Tingkat Regional Wilayah Barat yang diselenggarakan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Banda Aceh telah berakhir. Seremoni penutupan berlangsung di Hotel Grand Permata Hati, Banda Aceh, Kamis (28/7/ 2022).

Para pemenang mendapatkan tropi, uang tunai serta sovenir dan peralatan kerja dari para sponsor. Selanjutnya para pemenang akan melanjutkan kompetisinya pada KKIN VIII Tingkat Nasional di Sumatera Barat pada bulan Oktober mendatang.

Penyelenggaraan Lomba permainan slot demo gacor dan KKIN tahun 2022 ini adalah yang ke-8 sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2017.

Event yang dimulai pada 24 Juli 2022 lalu itu diikuti oleh para peserta dari 7 provinsi di Sumatera yaitu, Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jambi dan Bangka Belitung.

Mereka berkompetisi pada 12 bidang keahlian yaitu: 1. Instalasi Listrik, 2. Elektronika, 3. Pengelasan, 4. Pendingin dan Tata Udara, 5. Otomotif sepeda motor, 6. Otomotif kendaraan ringan, 7. Desain Grafis 8. Perancangan rekayasa mekanik CAD, 9. Solusi perangkat lunak TIK untuk bisnis 10.Tata Busana 11. Kecantikan, 12. Pelayanan Restoran.

Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Dirjen Binalavotas Kemnaker RI) yang diwakili oleh Direktur Bina Instruktur dan Tenaga Pelatihan Kementerian Ketenagakerjaan RI Syamsi Hari, SE, MM, menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada BPVP Banda Aceh atas suksesnya kegiatan KKIN VIII Regional Wilayah Barat ini.

Kemudian kepada unsur pemerintah dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh, Dunia Usaha Dunia Industri (Dudi) seperti, Bank Syariah Indonesia (BSI), PT Pupuk Iskandar Muda Aceh Utara, brand kecantikan LATULIP dan Yenny Shallya Tata Rias Banda Aceh yang telah berkolaborasi memberikan dukungan pada kegiatan ini.

Ia mengatakan, Undang-undang No.13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan menjelaskan tentang perlunya pemerintah menetapkan kebijakan dan menyusun perencanaan tenaga kerja.

Salah satu yang harus dipenuhi adalah pelatihan kerja termasuk kompetensi kerja.
Peran lembaga pelatihan kerja baik pemerintah maupun swasta ataupun training center industri memegang peranan penting untuk meningkatkan SDM Ketenagakerjaan.

Direktur Bina Instruktur dan Tenaga Pelatihan Kementerian Ketenagakerjaan RI Syamsi Hari, SE. M.M mengatakan, pencari kerja perlu dibekali dengan keterampilan atau skill, tidak cukup mengandalkan ijazah sekolah maupun perguruan tinggi saja. “Di sinilah peran Instruktur untuk membekali para pencari kerja dengan keahlian yang mereka butuhkan agar bisa diterima di dunia kerja”, kata Syamsi Hari.
Ia menambahkan, pembentukkan SDM yang unggul untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang sejahtera dan maju, hanya dapat dilakukan oleh generasi muda yang cerdas, berakhlak mulia, jujur dan mampu berkompetisi.

Kemudian untuk mendukung percepatan peningkatan kualitas SDM tersebut, para peserta pelatihan harus mendapatkan pembekalan ilmu keterampilan dan disiplin ilmu lainnya dari instruktur yang sesuai dan kredible di bidangnya. “Karena Instruktur merupakan aktor utama dalam pelatihan kerja yang berfungsi sebagai fasilitator dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, perubahan sikap dan perilaku (etos kerja) dari tenaga kerja”, ujarnya.

Oleh karena itu, Syamsi Hari menambahkan, Kementerian ketenagakerjaan melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Ditjen Binalavotas Kemnaker RI) menyelenggarakan ajang kompetisi bagi para instruktur pelatihan yaitu Kompetisi Keterampilan Instruktur Nasiinal (KKIN).

Ajang kompetisi Keterampilan ini sebagai barometer untuk mengukur, meningkatkan dan pemerataan peningkatan kompetensi instruktur yang terintegrasi disetiap daerah baik itu instruktur pemerintah maupun swasta.

“Akhirnya, selamat kepada para kompetitor yang terpilih untuk mewakili lembaganya ke tingkat nasional di Padang Sumatera Barat. bagi yang belum berhasil tetap semangat tetap berusaha dan tingkatkan keterampilannya”, ujar Direktur Bina Instruktur dan Tenaga Pelatihan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kemnaker RI Syamsi Hari, SE.M.M

Turut hadir dalan acara tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Banda Aceh, Direktur Bina Peningkatan Produktivitas Ghazmahadi, ST, MM, Kepala Sekretariat BNSP Fauziah, SE, M.Si, Kepala Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Medan Andri Susila, Kepala BPVP Surakarta Teguh Sulistiono, Kepala BPVP Banda Aceh Rahmad Faisal, Plt Kepala BPVP Padang Afridamon, para pejabat struktural, Administrator dan fungsional di lingkungan Kemnaker RI, Asisten Vice President PT Pupuk Iskandar Muda, Jufri, Kepala Bank BSI KCP Peunayong, Syaifullah, Pimpinan Latulipe Cosmetiques Cabang Aceh, Yanti dan Pimpinan Yenny Shalia Tata Rias Banda Aceh Yeni. (*)

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Para Juara KKIN VIII Regional Wilayah Barat Siap Berkompetisi Pada KKIN VIII Tingkat Nasional, https://aceh.tribunnews.com/2022/07/28/para-juara-kkin-viii-regional-wilayah-barat-siap-berkompetisi-pada-kkin-viii-tingkat-nasional?page=2.

Previous BPVP Banda Aceh Gelar Kompetisi Instruktur Nasional
Next Daftar Peserta PBK Tahap IV 2022 Lulus Tes Tulis

You might also like

Berita BLK 0 Comments

Matching Program Pelatihan Kerja antara BLK Banda Aceh, FKLPID, dan DUDI di Provinsi Aceh

Banda Aceh – Matching Program Pelatihan Kerja antara BLK Banda Aceh, Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dan Industri Daerah (FKLPID), dan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dilaksanakan di   Hotel Kryad

Berita BLK 0 Comments

Kemnaker Dorong BPVP Banda Aceh Gandeng Kampus untuk Percepatan Pembangunan Ketenagakerjaan

Banda Aceh–Dalam rangka menerapkan reformasi birokrasi Balai Latihan Kerja (BLK), Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Anwar Sanusi, menyambangi Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Banda Aceh, yang terletak di Jalan

Berita BLK 0 Comments

Masifikasi cegah Covid19

Kelangkaan untuk membeli masker di Indonesia, khususnyadi Provinsi Aceh membuat Balai Latihan Kerja Banda Aceh bergerak untuk memproduksi dan membagi masker gratis bagi masyarkat, itu sesuai arahan dari Menteri Ketengakerjaa

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply