BPVP Banda Aceh Gelar Kompetisi Instruktur Nasional

BPVP Banda Aceh Gelar Kompetisi Instruktur Nasional

Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Banda Aceh menggelar Kompetisi Keterampilan Instruktur Nasional (KKIN) VIII Regional Wilayah Barat Tahun 2022. Kegiatan ini dimulai dari tanggal 24 sampai 28 Juli 2022. Pembukaan dilakukan di Hotel Grand Permata Hati, Banda Aceh. Sementara pelaksanaan kompetisi berlangsung di BPVP Banda Aceh.

KKIN adalah kompetisi yang dilakukan secara terstruktur dan sistematis, bertujuan sebagai ajang bagi para instruktur yang tersebar diseluruh Indonesia untuk mengukur, meningkatkan dan pemerataan peningkatan kompetensi yang terintegrasi.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Bina Instruktur dan Tenaga Pelatihan, Direktorat Jendral Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalavotas), Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker RI).

Ajang ini telah dimulai sejak tahun 2017. KKIN dilaksanakan tidak hanya untuk Instruktur dari Lembaga Pelatihan Pemerintah, namun juga dari Lembaga Pelatihan Swasta dan Industri.

Kepala BPVP Kendari, Ode Haji Polondus, S.Pd, M.Pd dan Rahmad Faisal, Kepala BPVP Banda Aceh berfoto bersama para perserta.

Dirjen Binalavotas Kemnaker RI dalam sambutannya yang diwakili oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan, Andri Susila mengatakan, peranan instruktur di lembaga pelatihan kerja harus diperkuat karena memiliki korelasi dengan pembangunan SDM dan sebagai sarana dalam mewujudkan Indonesia Kompeten.

“Kita harus menyiapkan standart kompetensi yang menjadi acuan dalam proses pelatihan, lembaga pelatihan yang kredibel, training material yang berkualitas dan yang tidak kalah penting adalah instruktur yang qualified dalam mentransfer skill atau keterampilan, knowledge atau ilmu pengetahuan dan attitude atau sikap dan perilaku pada peserta pelatihan”, kata Kepala BBPVP Medan Andri Susila.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Banda Aceh Mairul Hazami dalam sambutannya mengatakan, dalam era globalisasi persaingan tenaga kerja antar negara akan semakin kompetitif di seluruh sektor. Untuk itu diperlukan peningkatan kualitas SDM, dimana instruktur merupakan aktor utama untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, perubahan sikap dan perilaku (etos kerja) dari tenaga kerja sehingga dapat memasuki dunia kerja maupun berwirausaha.

Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Banda Aceh Rahmad Faisal saat menyampaikan laporan penyelenggaraan mengatakan, KKIN ini mengusung tema, Melalui Kompetisi kita Tingkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Instruktur.

Adapun bidang keahlian yang dikompetisikan meliputi 12 bidang kompetisi yaitu: 1. Instalasi Listrik, 2. Elektronika, 3. Pengelasan, 4. Pendingin dan Tata Udara, 5. Otomotif sepeda motor, 6. Otomotif kendaraan ringan, 7. Desain Grafis 8. Perancangan rekayasa Mekanik CAD, 9. Solusi perangkat Lunak TIK untuk bisnis 10. Tata Busana 11. Kecantikan, 12. Pelayanan Restoran.

Kompetisi Keterampilan Instruktur Nasional (KKIN) VIII Tahun 2022 diikuti oleh para peserta dari 7 Provinsi yang ada di Sumatera, antara lain Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jambi dan kepulauan Bangka Belitung.

Turut hadir dalam acara tersebut Perwakilan Direktur Bina Instruktur dan Tenaga Pelatihan, Perwakilan Disnakermobduk Aceh, Kepala BPVP dari propinsi peserta, Kepala UPTD BLK Binaan BPVP Banda Aceh, Ketua FKLPI, para pejabat struktural, administrator dan fungsional di lingkungan Kemnaker RI serta undangan yang hadir langsung dan via virtual. (*)

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul BPVP Banda Aceh Gelar Kompetisi Instruktur Nasional, https://aceh.tribunnews.com/2022/07/25/bpvp-banda-aceh-gelar-event-akbar-kompetisi-instruktur.

Previous Dorong kerajinan dan industri kreatif, BPVP Banda Aceh bersinergi dengan Dekranasda Aceh
Next Para Juara KKIN VIII Regional Wilayah Barat Siap Berkompetisi Pada KKIN VIII Tingkat Nasional

You might also like

Berita BLK 0 Comments

Audiensi BPVP Banda Aceh, FKLPID dan PT Solusi Bangun Andalas (SBA)

Banda Aceh – BPVP Banda Aceh bersama dengan Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dan Industri Daerah (FKLPID) dan PT Solusi Bangun Andalas (SBA) melakukan pertemuan pada Jum’at (04/03/2022) di D’ Energy

Pelatihan 0 Comments

Pembukaan Pendaftaran PBK Tahap IV

Ayo Guys…. buruan daftar, kuota terbatas

Galery Foto 0 Comments

288 Peserta Pelatihan Tahap IV mengikuti FMD

Sebanyak 288 peserta pelatihan berbasis kompetensi mengikuti pelatihan Fisik Metal dan Disiplin (FMD) di hari pertama Senin 8 Juli 2019, FMD ini dilatih langsung oleh satuan Koramil Banda Raya.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply